BERBAHASA SESUAI SITUASI KONDISI

Nama : Muhammad Anwar Aushaf

NIM : 190512531216

Kelas : E8 / Pendidikan Bahasa Indonesia

Jurusan : Teknik Mesin


Setiap peradaban manusia pasti ada perkumpulan, setiap perkumpulan manusia pasti ada interaksi, setiap interaksi antar manusia pasti menggunakan bahasa. Di dunia terdapat bermacam-macam bahasa tentu saja bahasa itu dipengaruhi oleh wilayah, budaya, dan tempat bahasa itu berkembang.  Agar manusia bisa saling berkomunikasi di dunia ini dan bisa di mengerti oleh semua manusia dari negara manapun, dan di tetapkanlah Bahasa internasional yaitu Bahasa inggris .

Dalam suatu lagu kebangsaan disebutkan ‘dari Sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau’. Dalam kalimat cuplikan lagu kebangsaan tersebut bukan hanya omong kosong belakang melainkan ada makna dibalik yang tersirat didalamnya. Bukankah negeri kita ini sangat kaya? Kaya di sini berarti berisi beraneka ragam suku, ras, budaya, agama dan tentunya adalah bahasa. Dari segala kekayaan yang berbeda tersebut, yang paling hangat dibicarakan media adalah tentang bahasa. Pasalnya hal yang paling sering dilakukan orang-orang setiap saatnya adalah berinteraksi, berkomunikasi. Dalam kegiatan tersebut pasti membutuhkan sesuatu yang namanya bahasa, agar obrolan yang kita utarakan dapat dipahami dengan baik oleh lawan bicara. Tapi dengan keanekaragaman bahasa daerah nusantara ini apakah proses interaksi akan berjalan dengan baik? Tentu tidak, maka dari itu diperlukan adanya bahasa pemersatu yaitu Bahasa Indonesia. Namun karena itu setiap daerah memiliki logat masing-masing yang membuat keunikan sendiri dalam berbahasa. Kita tidak periu menghilangkan bahasa daerah. Karena pada dasarnya kita bisa mengguanakan bahasa apapun sekaligus sesuai dengan fungsi dan peran masing-masing.

Bahasa daerah adalah suatu bahasa yang menjadi ciri khas dari daerah itu sendiri, Indonesia mempunyai berbagai macam pulau dan suku yang memiliki bahasa daerah masing-masing dan memiliki keunikan bahasa daerah masing-masing itu sendiri. Contohnya daerah jawa barat, jawa tengah, dan jawa timur mesikupun dalam satu pulau yang sama bahasa yang di gunakan berbeda-beda dan Papua Nugini memiliki 867 bahasa daerah. Jadi kita sebagai warga negara Indonesia wajib melestarikan bahasa daerah dan mengajarkan ke anak turunan kita agar anak keturunan kita nanti tahu bahwa negara Indonesia mempunyai berbagai macam keunikan bahasa. Karena, bahaa daerah merupakan warisan nenek moyang yang tak boleh hilang karena arus perubahan zaman.

Bahasa dapat diterapkan dalam kehidupan contohnya sebagai berikut:

·         lingkungan keluarga    

Didalam lingkungan keluarga orang tua mempunyai peran yang sangat penting untuk mengajarkan perilaku. Selain itu juga diperlukan pengajaran tata bahasa yang baik dan benar. Sejak dini diperlukan pengajaran bahasa yang sopan dan santun terhadap orang lain, pengajaaran terhadap tersebut bisa dimulai dari suatu yang sederhana contohnya menghormati terhadap orang lain dan khususnya terhadap orang tua. Agar di kemudian hari anak itu bisa bertutur kata yang baik. Karena, anak yang masih berusia dini sangat mudah mengingat tentang apa yang ada disekitarnya. Oleh karena itu, edukasi dari lingkungan keluarga sangat besar pengaruhnya, mengingat lingkungan keluarga adalah linghkungan yang pertama didapatkan oleh seseorang.

·         lingkungan sosial,

Didalam lingkungan sosial kita harus bisa menggunakan bahasa yang tempat disaat di lingkungan sosial, di manapun itu tempatnya kita harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan lingkungannya atau wilayah yang kita tempati, serta kita harus bisa menampatkan bahasa yang sesuai dengan tempatnya, contohnya kita berkomunkasi dengan teman kita harus bisa menggunakan bahasa yang sesuia dengan pergaulan tempat kita berada, dan di saat kita berkomunikasi dengan orang yang lebih dewasa kita harus bisa mengguunakan bahasa yang sesuai. Apabila pada suatu saat kita berada di suatu wilayah yang berbeda dengan budaya asal kita, masihkah kita menggunakan bahasa daerah tempat asal kita? Tentu tidak bukan, pastilah kita akan mengikuti dengan kebudayaan setempat. Agar tujuan dan maksud kita bisa tersampaikan dengan baik, bukankah lebih baik kita menggunakan bahasa Indonesia?

·         Forum dan tulisan ilmiah,

Dalam sebuah forum kita di wajibkan menggunakan bahasa yang sopan dan mudah di pahami oleh audiens, bukan, bukan hanya didalam forum kita wajib menggunakan bahasa yang sopan di dalam mengerjakan karya tulis ilmiah kita diwajibkan menggukan tulisan yang berpedoman pada KBBI (kamus besar bahasa Indonesia). Contoh nya disaat kita sedang mempresentasikan hasil karya tulis ilmiah kita di wajibkan menggunakan bahasa yang sopan dan mudah di pahami.  Oleh karena itu kita harus belajar bagaimana menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Inilah tujuandari penggunaan Bahasa Indonesia, agar bisa dipahami semua orang.

        Mengapa harus bahasa inggris sebagai bahasa internasional? Pada penjajah yang berbahasa inggris mengelilingi dunia. Bukan hanya berkeliling tetapi mereka juga menetap. Secara perlahan-lahan bahasa inggris menjadi sebuah bahasa internasional. Bahasa inggris tersebar dengan sangat cepat oleh kajayaan kekaisaran inggris. Bahasa inggris merupakan bahasa yang mampu di pahami oleh semua orang dan bahasa inggris juga merupakan bahasa tertua, selain itu bahasa inggris merupakan bahasa yang memiliki banyak kosa kata. Itulah alasan mengapa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional.

Jadi dapat kita simpulkan:

·         Bahasa inggris merupakan bahasa tertua.

·         Bahasa inggris merupakan bahasa yang memiliki banyak kosa kata.

·         Inggris adalah Negara yang maju.

·         Inggris merupakan Negara yang paling banyak memiliki Negara jajahan.

·         Bahasa inggris adalah bahasa yang mudah untuk dipelajari.


Pada era globalisasi perkembangan teknologi semakin berkembang pesat, Penggunaan, bahasa Inggris menjadi sangat penting untuk dapat beradaptasi dan mengikuti arus perkembangan global yang semakin maju. Sebagai generasi muda tentunya kita dituntut untuk mampu berbahasa inggris agar dapat mengikuti perkembangan zaman. Banyak dari generasi milenial sekarang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang bagus. Contohnya disaat ingin melamar pekerjaan di dalam negeri biasanya ada peraturan yang mengharuskan pandai berbahasa inggris, maupun malamar pekerjaan di luar negeri kita wajib pandai berbahasa inggris. Oleh karena itu kita di wajibkan pandai berbahasa inggris.

Di zaman milenial saat ini bahasa inggris sangat penting, karena dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat otomatis akan membuat sekat antar negara seolah transparan. Informasi dari negara mana saja dapat diakses dengan mudah lewat smartphone.

Oleh karena itu, kemampuan menguasai bahasa internasional menjadi hal yang sangat penting, untuk memudahkan kita tetap terkoneksi dengan dunia luar.

Namun, meski bahasa internasional saat ini dinilai sangat penting, bukan berarti kita bisa meninggalkan bahasa daerah asal kita. Karena itu adalah salah satu identitas kita sebagai orang yang lahir dan tumbuh di daerah tersebut, selain itu agar anak cucu kita kelak masih bisa mengenal bahasa daerah sehingga bahasa daerah bisa tetap lestari. Dan bahasa internasional, juga jangan sampai membuat kita lupa dengan bahasa indonesia, yang telah mempersatukan saudara-saudara kita dari sabang sampai merauke. Sehingga kita tidak perlu mempelajari setiap bahasa di indonesia agar tetap bisa berkomunikasi dengan saudara-saudara sebangsa dan setanah air.

 

 

Komentar

  1. Pada kota-kota besar sering kita temui penggunaan bahasa indonesia yang lebih dominan daripada bahasa daerah kota tersebut. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, bahasa daerah dari kota tersebut akan hilang. Apa yang akan anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada dasarnya bahasa daerah di kota-kota besar itu tidak sepenuhnya hilang. Namun masyarakat kota lebih menyesuaikan pendatang yang ada. Sampai kapan pun, selama masyarakat daerah masih ada bahasa daerah tidak akan pernah hilang.

      Hapus
  2. tetapi dalam kota besar sering terjadi kesalahan dalam penuturan bahasa inggris bagaimana cara menyelesaikkannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dengan cara belajar di tempat kursus bahasa inggris atau secara otodidak

      Hapus
  3. Balasan
    1. terima kasih komentarnya, nanti kedepannya akan saya refisi

      Hapus
  4. Isinya menarik, tetapi terdapat penulisan yang salah mungkin bisa lebih teliti lagi dalam penulisan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih komentarnya, nanti kedepannya akan saya refisi

      Hapus
  5. semuanya sudah bagus namun perlu diperhatikan lagi ejaan yang sesuai KBBI maupun PUEBI

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Sebagai Alat Interaksi

Bahasa Menjadi Pemahaman Komunikasi yang Penting

Pendidikan Karakter Sebagai Kebutuhan Anak Bangsa